tea tree oil

Empat kegunaan tea tree oil untuk kesehatan

Tea tree oil adalah minyak yang dibuat dari hasil penyulingan daun dan batang pohon teh.  Sejauh ini kita hanya tahu kegunaan daun teh untuk minuman saja.  tapi ada sejenis tanaman yang masih kerabat dengan teh hitam, yang bisa dimanfaat untuk pengobatan.

Minyak astiri dari sejenit pohon teh ini sudah ada sejak abad 18 silam.  Konon minyak atsiri ini berasal dari Yunani, dan kemudian menyebar ke daratan eropa, diperkenalkan oleh pelaut.   Daunnya yang sudah kering, menguar aroma wangi seperti buah pala.  Menimbulkan sensasi menghangat badan meredakan tenggorokan.   Pelaut eropa membuat minuman ini untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti sakit perut, melegakan tenggorokan dan menghangatkan badan.

Seiring waktu daun teh  ini diambil minyak atsiri untuk campuran bahan makanan maupun kebutuhan lain.  meski tea tree oil sekerang sudah dipasarkan di Indonesia, ternyata masih banyak yang belum paham manfaatnya.

Di bawah ini ada empat manfaat tea tree oil  :

  • Membersihkan gigi

Pemakaian dalam takaran terbatas, minyak daun teh ini ternyata berguna untuk membersihkan gigi dan mulut.  Fungsinya lazimnya pasta gigi, bahkan mengandung anti bakteri, dan menjaga pernafasan dan bau mulut.

  • Menghilangkan jamur kulit

Tea tree oil bisa dipakai membersihkan kulit dari gangguan jamur seperti panu, kadas, dan kurap.  Bisa dijadikan obat luar. Minyak ini mengandung senyawa anti fungsida. Caranya oleskan  pada permukaan kulit yang terkena jamur. Lakukan dua kali sehari, dalam satu pekan.

  • Menghilangkan jerawat

Kasiat minyak teh ini setara dengan benzoyl peroxide  obat jerawat kimia. Oleskan minyak ini pada area yang ada jerawat. untuk kulit sensitive, bisa dicampurkan dengan sedikit air, untuk kemudian dibasuhkan di muka.

  • Membersihkan rambut

Dulu di kalangan pelaut Eropa, mengandalkan minyak daun teh untuk membersihkan rambut kusam. selain itu juga efektif membunuh kutu rambut yang sulit diberantas.  Selain itu juga bisa mematikan telur kutu rambut yang menempel kuat pada kulit kepala.