Categories
Tips Sehat

Dampak samping berdiri terlalu lama

Berdiri merupakan sikap dimana tubuh dapat menjaga keseimbangan secara vertikal dengan kedua kaki sebagai penopangnya.   Tapi apabila dilakukan kelewat lama hingga berjam –jam ternyata dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Ada beberapa pekerja yang mengharuskan mereka sering berdiri selama berjam –jam seperti pekerja  pabrik dan guru. Misalnya seorang guru harus berdiri depan kelas  untuk memberi penjelasan kepada murid –muridnya.  Dia hanya duduk sebantar kemudian berdiri lagi kemudian menulis kalimat di papan tulis.  Gerakan ini dilakukan selama berjam –jam dan dalam waktu lama.

Meski kondisi ini dianggap tak membahayakan kesehatan, ternyata  tidak demikian.  berdiri terlalu lama justru menimbulkan  bebarapa gangguan kesehatan dan dapat merusak persendian dan syaraf.

Berikut ini  beberapa dampak samping berdiri terlalu lama yang patut Anda perhatikan :

  • Nyeri pada punggung

Manjaga sikap berdiri selama berjam –jam mengharuskan otot bekerja keras menjaga keseimbangan.  Padahal kerja otot ada batas normalnya, jika dipaksa bekerja melebih ambang  batas, otot akan meradang dan akibatnya terasa nyeri terutama di sekitar punggung dan leher.

  • Pusing

bagi sebagian orang, terkadang menimbulkan pusing karena peredaran darah menuju otak terganggung atau melambat.  Hal ini terjadi karena faktor gravitasi. Di mana jantung harus bekerja ekstra keras memompa darah menuju otak.

  • Nyeri pada tungkai kaki

Bagian yang paling cepat merasakan nyeri adalah pada  tungkai kaki.  Pada bagian ini menahan beban berat badan.  Lama kelamaan nyeri menjalar hingga ruas persendian.

  • Varises

Resiko lain adalah lebih cepat terkena varises, atau pembesaran pembuluh vena di sekitar kaki. Hal ini terjadi  disebabkan penggumpalan darah di sekitar kaki, lama kelamaan muncul membengkakan pembuluh fena.

Tips Mencegah efek samping berdiri terlalu lama

Agar tubuh tetap sehat dan pekerjaan pun lancar, maka Anda perlu melakukan sedikit perubahan.  Berikut ini cara menyiasati untuk mengurangi efek samping :

  • Gunakan sepatu dengan hak rendah

Bagi wanita jangan gunakan sepatu dengan hak tinggi  / high heel. Ganti dengan sepatu jenis medium heel, hak rendah.  Tujuannya untuk mengurangi nyeri pada punggung.

  • Duduk setiap 30 menit

Agar tidak cepat lelah disarankan untuk duduk setiap 30 menit sekali.  Duduk sebentar untuk melemaskan otot –otot kaki.

  • Lakukan peregangan

Lakukan peregangan setiap satu jam sekali agar otot tidak kaku dengan menggerakan pinggang dan badan dan kaki.