enam langkah sehatkan otak

Cepat Lupa, Coba Lakukan Empat Langkah Ini

Otak manusia merupakan organ yang  fungsinya paling vital.  Berperan dalam mengontrol gerakan organ lain, dan gudang untuk menyimpan memori yang masuk melalui pendengaran, penglihatan maupun ucapan.   Masa anak-anak merupakan masa pertumbuhan otak, di mana pada masa ini kemampuan mengingat dan merekam sangat baik.   Mereka begitu mudah meniru, mengafalkan setiap kali ucapan maupun gerakan dari orang lain.  Masa ini dinamakan golden age.  Selanjutnya kita dituntut untuk melatih organ ini agar tetap berfungsi dengan baik.

Seperti organ lain, jika  otak terus dilatih dengan mengingat hal –hal baru maka kemampuan menghafal dan merekam akan terus tajam. Tapi seiring bertambahan  usia kemampuan otak pun berlahan menurun. Mudah lupa atau kesulitan mengingat merupakan salah satu tanda –tanda terjadi kemunduran fungsi otak. Ini disebabkan karena  fungsi otak atau kurang pasokan nutrisi.   Selain pasokan oksigen menuju otak pun berkurang.

Empat Langkah Menajamkan Kembali Ingatan

Punya kebiasaan gampang lupa atau kesulitan mengingat, imbasnya merugikan sendiri. Misalnya lupa meletakan kunci motor, atau kesulitan menghafal nomer HP sendiri atau saudara.   Sudah saatnya kebiasaan buruk ini disembuhkan. Berikut ini  beberapa kiat sederhana melatih otak mempertajam ingatan.

  • Mengonsumsi Omega 3

Langkah pertama perbaikan nutrisi untuk otak, yakni mengonsumsi makanan yang mengandung Omega 3.  Ada beberapa jenis makanan yang kaya akan dungan omega 3, antara lain ikan, sayuran hijau, telur ayam dan alpukat. Nutrisi ini bermanfaat menjaga fungsi otak dan mencegah penyakit stroke.

  • Olahraga

   Rutin olahraga juga bermanfaat meningkatkan kesehatan otak, melancarkan peredaran darah ke otak. Jenis olahraga yang cocok adalah memadukan koordinasi antara gerakan dan pikiran serta strategi seperti sepak bola, futsal, tenis atau volley.

  • Melatih otak

Agar otak tetap terjaga biasakan bermain gym ringan, seperti mengisi quiz teka teki silang, mengafalkan doa –doa  dan sebagainya.

  • Minum Ginko Bilabo

Biji dari tanaman ginko bilabo diyakini efektif mengurangi penurunan fungsi otak, dan mencegah kepikunan.  Suplemen ini berfungsi melancarkan peredaran darah di otak.

Demikianlah sekilas tentang tips jitu empat langkah menajamkan kembali ingatan.