Categories
Berat Badan

Cara sehat turun berat badan

Kegemukan merupakan masalah yang kerap menimpa wanita. Pasalnya mereka sangat mudah mengalami peningkatan berat badan. Wanita biasanya lebih gemar ngemil makanan ringan dari pada pria.  Kebiasaan ini tanpa disadari, berkontribusi menimbun tambahan lemak.

Mengalami kegemukan jelas sangat merepotkan sendiri.  Gerakan jadi tak segesit dulu lagi. Semua pakaian terutama celana, tak muat dipakai lagi. Kalau sudah demikian, tak ada jalan lain, selain memangkas timbunan lemak dengan melakukan diet dan olahraga teratur.

Cara sehat turun berat badan

Ada banyak solusi untuk mengembalikan berat badan seperti semula. Bagi menggunakan cara alami, maupun menempuh tindakan medis seperti sedot lemak.  Tapi opsi terakhir tersebut sangat beresiko dan biayanya pun cukup mahal.

Berikut ini ada beberapa cara sehat turunkan berat badan, seperti yang diterangkan di bawah ini :

  • Diet sehat

Langkah pertama, buatlah program diet sehat  dengan mengonsumsi makanan rendah lemak,  kaya serat dan nutrisi. Seperti makan sayuran hijau, buah –buahan. Kedua jenis makanan itu harus dikonsumsi setiap hari.

  • Pantangan

Lakukan pantangan  untuk makanan tertentu yang mengandung banyak lemak,  zat gula, makanan kemasan dan sejenisnya.  Misalnya hindari makan daging merah seperti daging sapi, sosis, kornet dan sebagainya.  hindari juga menyantap camilan, soft drink.

  • Makan makan yang membantu menurunkan berat badan

Pilih makanan yang membantu menurunkan berat badan. Seperti brokoli, bayam, paprika, kentang dan sebagainya.  makanan tersebut kaya akan serat, dimana  nutrisi ini membantu mereduksi timbunan lemak dalam perut.  Selain itu serat dapat membantu melancarkan organ pencernaan dalam memproses makanan  dan mendistribusikan nutrisi keseluruh organ tubuh.

  • Olahraga teratur

Lakukan olahraga rutin setiap hari.  Olahraga bermanfaat membakar kalori, selain itu juga dapat membantu melenyapkan lemak di bawah kulit. Jenis olahraga yang efektif merampingkan tubuh antara lain, renang, jogging, aerobic, lari dan sebagainya . selain itu juga  Anda harus sering beraktivitas fisik yang menguras tenaga seperti jalan kaki, naik tangga, bersepeda.

  • Minum air putih

Perbanyak minum air putih agar  metabolisme tubuh tetap lancar.  Air putih lebih menyehatkan dari pada secangkir kopi atau teh hangat.  Idealnya sehari manusia harus meminum delapan gelas atau setara dua liter.