Categories
Langsing

Cara mudah menjaga ingatan tetap tajam

Memori manusia itu ibarat pisau  apabila sering diasah dia akan tajam. Tapi ketika jarang dipakai akan kembali tumpul dan tak bisa dipakai lagi.  demikian pula dengan otak manusia apabila sering dilatih maka memori semakin kuat dan mudah menghapalkan hal –hal baru. Sebaliknyan jika otak jarang dilatih ketajamannya berlahan –lahan  menjadi bebal.

Diperlukan terapi khusus melatih otak agar tetap cerdas dan tak mudah lupa,  selain itu juga didukung dengan asupan –asupan  makan yang bergizi tinggi untuk kebutuhan otak.   Namun tahukah Anda bahwa ada sejumlah bumbu dapur yang ternyata berkasiat menjaga ingatan agar tetap tajam.

Berikut ini ada sederet bahan bumbu yang kerap dipakai untuk memasak yang punya peran positif menjaga kesehatan otak.

  • Bawang putih

Mengonsumsi empat butir bawang putih setiap hari, secara tak langsung dapat mencegah kepikunan dan  menguatkan fungsi otak.  Bawang putih mengandung senyawa flavonoid yang dapat mencegah gangguan otak seperti kepikunan, lupa, Parkinson maupun alzeimer.

  • Paterselly

Kandungan  flavonoid  pada daun paterselly  menurut penuturan tim peneliti dari Pusat Informasi Micronutrient di Oregon State University Linus Pauling Institute,  ternyata dapat mempengaruhi perkembangan  sistem jaringan syaraf otak.

  • Kunyit

Kunyit tak hanya bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh dan senyawa antibakteri saja. Ternyata rimpang – rimpangan berwarna oranye ini mempunyai senyawa yang mampu menjaga kesehatan otak dan menurunkan resiko Alzheimer.

  • Chamomile

Chamomile merupakan sejenis dedaunan yang dipakai untuk campuran minum teh. Menurut kepercayaan masyarakat Inggris chamomile berkasiat menjaga stamina.  Menurut ahli kesehatan chamomile ternyata mengandung senyawa yang mungkin mengikat reseptor bahan kimia otak tertentu sehingga membantu mengurangi kecemasan. Serta menjaga kesehatan otak dan mencegah terjadinya dimensia.

Demikianlah sekilas informasi tentang cara mudah menjaga ingatan tetap tajam. Semoga bermanfaat.