Categories
Tips Sehat

Cara Gampang Cegah Dehidrasi Saat Puasa

Saat  menjalankan ibadah puasa  cadangan cairan dalam tubuh terbatas, sementara  Anda mengharuskan beraktivitas seperti biasa di siang hari. Tentu kondisi ini sangat riskan terkena dehidrasi, dan sehingga membuat badan menjadi lemas.

Agar organ tubuh bekerja dengan baik, kandungan cairan harus tercukup minimal 70%.  Kurang dari itu mengakibatkan metabolisme terganggu.   Penyebab dehidrasi ringan saat puasa, antara lain melakukan pekerjaan berat, terlalu lama beraktivitas di luar ruangan saat siang hari. Serta mengabaikan sahur dan kurang minum di malam hari.

Akibat dari dehidrasi ringan, kepala menjadi pusing,  lemas dan disorientasi atau kehilangan konsentrasi saat bekerja.  Sementara pada level yang agak parah mengakibatkan pingsan mendadak.  Tentunya Anda tidak menginginkan kondisi buruk ini menimpa Anda bukan?.  Sebenarnya kekurangan cairan yang berujung dehidrasi ringan ini bisa diantisipasi dengan menjalankan sejumlah tips berikut ini :

  • Kurangi aktivitas out door pada siang hari

Bulan Ramadhan tahun ini jatuh pada pertengahan musim kemarau, dimana iklim cenderung panas dan sinar matahari bersinar terik sepanjang siang. Maka dari itu kurangi aktivitas di luar ruangan terlalu lama.  Terlalu lama berada di luar ruangan meransang keringat keluar banyak, akibatnya Anda gampang haus.

  • Perbanyak asupan cairan di malam hari dan saur

Di malam hari perbanyak asupan cairan dengan minum air putih, minimal empat gelas.  Dan saat sahur ditambah tiga gelas lagi.

  • Minum air hangat

Untuk memulihkan cairan yang hilang sebaiknya minum air hangat. Agar cairan lebih cepat diserap tubuh.  Saat buka jangan minum  soft drink, sebab tidak menghilangkan rasa haus justru menambah dahaga. Selain itu air berkarbonasi lama diserap tubuh.

  • Minum jus buah untuk mengembalikan cairan tubuh

Pilihlah minuman bernutrisi tinggi seperti jus buah guna mengembalikan energy secara stimulant.  Nutrisi pada jus buah juga bermanfaat memperbaiki metabolsime tubuh.

  • Jangan lewatkan waktu sahur

Point yang patut diperhatikan adalah jangan lewatkan santap sahur agar tubuh tidak cepat lelah.  perhatikan juga menu makan sahur, sebaiknya harus bergizi tinggi agar stamina tetap prima sepanjang hari.