Categories
Berat Badan

Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Dengan Puasa

Puasa sudah sejak lama mampu menurunkan berat badan secara signifikant dalam waktu yang relative cepat.  Cara ini relative lebih aman dan tidak terlalu memberatkan. Selain itu Anda juga tidak perlu mengonsumsi suplemen tambahan. Diyakini dengan berpuasa secara rutin, tubuh Anda menjadi langsing, sehat dan tampil lebih menawan.

Bahkan puasa menjadi salah satu bagian dari ibadah umat Islam. Allah SWT memerintahkan umatnya untuk perpuasa sesering mungkin selain menampah pahala juga menghindari penyakit jasmani dan rohani.

Memang pada mulanya menjalani puasa terasa sangat berat dan membuat tubuh lemas. Namun lama kelamaan Anda akan terbiasa dengan kondisi ini, dan jika didasari dengan ibadah jelas tidak lagi merasa berat jadinya.

Cara puasa yang baik, diawali dengan sahur saat menjelang subuh, dengan makanan yang bergisi tinggi dan minum air putih sebanyak mungkin. Selanjutnya selesai sahur jangan langsung tidur tapi tetap beraktivitas ringan, seperti pergi ke mushola untuk sholat subuh, dilanjutkan jalan –jalan santai.

Manfaat puasa selain menurunkan berat badan

Selain mampu menurunkan berat badan secara sehat dan alamiah, puasa juga menyimpan manfaat lain bagi tubuh Anda. Seperti yang tertera di bawah ini :

  • Turunkan kadar gula

Manfaat pertama puasa sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula bagi pengidap diabetes melitius. Puasa berarti menghindari kelebihan karbohidrat dengan demikian bisa menekan kadar gula dalam darah.

  • Mencegah hipertensi

Puasa secara teraktur bermanfaat mencegah hipertensi, dan menghindari bahaya turunan seperti stroke,  jantung koroner dan sebagianya.

  • Menyehatkan organ pencernaan

Berpuasa secara langsung bermanfaat menyehatkan organ pencernaan. Selama puasa organ pencernaan pun turut istirahat.  Selama masa istirahat memberikan waktu untuk proses regenerasi sel-sel.  Selain itu selama  puasa, level, limpah dan ginjal pun turut istirahat.

  • Detoksifikasi / membuang racun

Selain menurunkan berat badan berpuasa juga membantu melancarkan proses pembuangan racun dalam tubuh manusia melalui keringat, urin dan feses.

Demikian sekilas tentang penjelasan tentang manfaat puasa untuk menurunkan berat badan.