diet buah

Bahan Makanan Alami Pencegah Kolesterol

Ada sejumlah bahan makanan  alami pencegah kolesterol agar tidak menumpuk dalam  pembuluh darah.  Memang selama ini kolesterol jahat atau LDL menjadi biang keladi serangan stroke dan jantung koroner. Sementara penyakit ini merupakan pembunuh nomor satu di Indonesia. Hingga saat ini pemerintah belum bisa mengurangi tingkat kematian akibat jantung koroner dan stroke. Sebab penyakit ini bukan berasal dari virus dan bakteri, melainkan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Terkadang kita tidak sadar dengan pola makan yang kurang terkontrol seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, fast food dan goreng –gorengan. Padahal makanan tersebut mengandung lemak dan minyak jenuh yang berpotensi menambah kadar LDL / kolesterol.

Jika tidak lekas dinetralisir dengan sayuran maupun makan berserat, kolesterol tersebut menjadi plak dan menumpuk di jaringan pembuluh darah. Akibatnya akan terjadi sumbatan yang menyebabkan stroke.  Celakanya serangan stroke  terjadi secara tiba-tiba tidak bisa dikenali gejalanya. Demikian pula dengan serangan jantung, bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja. Saat sedang tidur pulas sekali pun. Maka dari itu sedari dini mari kita memulai pola hidup sehat dengan mengonsumsi makan bernutrisi tinggi.

Bahan Makanan  Alami Pencegah Kolesterol

Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.  Cara mencegah penyakit degenerative sebenarnya sangat mudah dan murah.  Anda hanya perlu memperhatikan jenis makanan dan pola makan saja, termasuk rutin berolahraga. Di bawah ini ada lima bahan makanan alami pencegah  kolesterol yang bisa mudah didapatkan.

  • Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang mengandung serat tinggi. Manfaat serat bisa mengancurkan lemak yang merupakan sumber kolesterol LDL.

  • Bawang Putih

Bawang putih sudah sejak lama dijadikan sebagai obat alami mengurangi LDL.  Selain itu juga melindungi fungsi jantung, meningkatkan  metabolism tubuh.  Bawang putih juga bisa membunuh virus dan bakteri penyebab flue dan diare.

  • Teh Hijau

Minum segelas teh hijau tanpa gula setiap hari secara tak langsung melindungi tubuh Anda dari timbunan kolesterol jahat.

  • Oat meal

Oatmeal merupakan sarapan pagi yang mengandung banyak fiber, rendah gula dan kalori.  Makanan ini efektif mengurangi kadar LDL, mencegah munculnya plak yang bisa menyumbat pembuluh darah.   Mengandung antioksidan cukup tinggi.

  • Salmon

Ikan salmon segar merupakan makanan sumber protein hewani, tidak menyebabkan kegemukan, aman dikonsumsi siapa saja.

Demikianlah sekilas informasi tentang macam –macam bahan makanan  alami pencegah kolesterol jahat.