Categories
Tips Sehat

Asam Urat Tidak Kambuh Lagi Dengan Pantangan Makanan Ini

Asam urat bukanlah penyakit yang asing bagi kita. Penyakit ini biasanya  menimpa orang dewasa, dan orang tua dan sifatnya kambuhan.  Bahkan anggapan orang awam penyakit asam urat merupakan penyakitnya orang kaya dan para raja.  Mengapa? Konon asal mula istilah ini karena rata –rata orang yang mengidap asam urat karena kebiasaan  menyantap makanan enak.

Tak heran dulu penyakit ini diidap oleh kalangan ningrat dan priyayi Jawa, kalangan kelas bawah sangat sedikit yang bermasalah dengan penyakit ini. Namun  seiring waktu berganti, sekarang penyakit bisa menyerang siapa saja.

Pengertian  Asam urat

Asam urat atau istilah medis disebut gout arthritis ini bukanlah penyakit menular yang berasal dari virus atau bakteri.  Melainkan dari akibat pola makan yang tidak sehat.  Dengan artian asam urat merupakan akibat dari kelebihan zat purin dalam darah.

Zat purin berasal dari makanan tertentu  tidak mampu di saring oleh ginjal, sehingga menjadi Kristal –kristal asam urat.   Kristal ini lama kelamaan menumpuk di sekitar persendian, seperti ruas ibu jari, lutut , dan jari tangan. Akibatnya persendian menjadi nyeri dan bengkak secara permanen.

Kalau sudah demikian, penyakit ini sulit disembuhan secara total, tapi hanya bisa dikendalikan saja agar kadar purin dalam darah tidak terlalu banyak.  Caranya dengan melakukan diet ketat dan pantangan mengonsumsi makanan tertentu.

Makanan penyebab asam urat

Sejatinya semua makanan mengandung kadar purin, seperti sayuran, ikan, daging-dagingan dansebagainya.  Tapi ada beberapa  jenis makan yang dikategorikan mengandung kadar purin cukup tinggi.  Berikut ini merupakan daftar makanan yang mungkin kegemaran Anda.

  • Kacang –kacangan

Semua jenis kacang –kacangan diyakini kadar purin sangat tinggi. Seperti kacang tanah, kacang mente, almond, kacang merah, kacang polong.

  • Emping melinjo

Siapa yang tak suka emping? Camilan renyah  dan gurih ini disukai banyak orang. Namun makanan yang terbuat dari biji mlinjo ini ternyata kandungan purin cukup tinggi.

  • Jeroan

Semua masakan dari bahan jeroan sapi, kambing, ayam seperti  usus, hati, limpa, babat dan sebagainya,  mengandung purin sangat tinggi.  Makanan seperti ini sebaiknya dihindari, atau porsinya dikurangi.

  • Seafood ( kerang, udang, cumi-cumi )

Seafood termasuk kategori makanan memicu asam urat. Seperti kerang, tiram, kepiting dan cumi –cumi.

  • Keju, es krim, sosis, nugget

Makana  olahan  ( keju, es krim, sosis , nugget ) juga menempati daftar pantangan bagi penderita asam urat.