Categories
Tips Sehat

Arbei Merah Buah Liar Yang Berkasiat

Fragaria Vesca  nama latin dari buah arbai merupakan tanaman yang masih dalam keluarga buah buni. Tanaman arbai biasanya tumbuh liar di dataran tinggi yang berhawa sejuk.  Namun sejak  manusia membudidayakan ulat sutra sebagai bahan membuat kain sutra, kini tanaman tersebut ditanaman secara massal. Daun arbai merupakan makanan pokok ulat sutra, sementara buahnya dibiarkan membusuk.

Selama ini arbei merah belum begitu dimanfaatkan maksimal, padahal dari segi kandungan gizinya cukup tinggi dan lengkap.  Dalam setiap disetiap 100 gram arbei terdapat energi hingga 37 kkal, protein 0.8 gram, karbohidrat hingga 8.3 g, asam folat, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin C dan sebagainya.

Manfaat arbei merah

Dilihat dari kandungan nutrisinya, buah ini  ternyata punya manfaat positif untuk  menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.  Masyarakat Eropa di abad pertengahan memanfaatkan arbai liar untuk membuat obat herbal.  Sebagaimana yang dijelaskan berikut ini adalah manfaat dari arbei liar.

  • Mengobati sariawan

Kandungan vitamin C pada arbei merah cukup tinggi. Bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sariawan. Cukup ambil sekitar  10 gram arbei yang sudah matang, kemudian dicuci bersih dan disantap begitu saja.  Rasanya manis dan agak asam.

  • Menangkal radikal bebas

Arbai merupakan buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Bermanfaat menangkal radikal bebas dan membantu sistem tubuh untuk meluruhkan racun / detoksifikasi.  Selain itu juga senyawa antikosidan alami pada buah ini bisa menurunkan resiko terkena kanker.

  • Mengurangi resiko infeksi

Betokaroten pada buah arbei merupakan  senyawa lain dari Vitamin A. Kandungan senyawa ini berperan mengurangi resiko infeksi.

  • Mengobati maag dan diare

Buah arbai ternyata bisa menurunkan kadar asam lambung, penyebab sakit maag.  Selain itu juga dapat dijadikan sebagai obat alami menyembuhkan diare.   Solusinya sangat cepat Anda cukup membuat jus arbei segar.  Caranya siapkan satu cangkir arbei yang telah dicuci bersih, kemudian siapkan satu gelas air matang. Kedua bahan dimasukan dalam mesin juicer.

  • Membantu melawan tifus

Kandungan vitamin C pada buah ini bersifat antivirus, dapat membunuh virus penyebab tifus.