Categories
Makanan Sehat

Apa Yang Dirasakan Dari Manfaat Semangka

Kandungan air semangka hingga 92%  membuat buah ini digemari semua kalangan untuk mengusir haus di siang hari.  Nangka merupakan buah yang mudah dibudidayakan di Indonesia terutama pada lahan kering seperti pinggir pantai maupun tegalan tandus sekali pun.  Tanaman sifatnya merambat, bisa dibudidayakan kapan saja tak mengenal musim.  Sehingga harganya sangat murah dan mudah didapatkan setiap saat.

Buah ini digemari sebagai santapan ringan disiang hari atau selingan setelah makan besar. Rasanya menyegarkan dan menyehatkan tubuh.

Kandungan nutrisi buah tropis yang banyak dibudidayakan di Indonesia terdirid ari vitamin C dan A. Selain itu juga merupakan sumber vitamin B1 (thiamin), vitamin B6 (piridoksin), potasium, dan magnesium. Selain itu juga buah ini mengandung antioksidan alami.

Manfaat semangka

Ternyata menyantap semangka tidak hanya sebagai pengusir dahaga saja. Kandungan vitamin yang sangat banyak punya manfaat positif untuk menjaga kesehatan.  Sebagaimana dijelaskan berikut ini :

  • Melancarkan air seni

Buah ini punya peran sebagai  peluruh air seni atau melancarkan proses pembuangan zat –zat racun di dalam tubuh melalui air seni.  Secara tak langsung dapat menjaga kesehatan ginjal dan mencegah terjadinya penumpukan endapan di kantong kemih.

  • Sumber antioksidan alami

Zat antioksidan semangka terdapat dalam vitamin B1, B6, B12 / vitamin nourotopik.  Nutrisi ini berfungsi mencegah penyumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan stroke, gangguan fungsi jantung dan kebutaan.

  • Mencegah dehidrasi

Menyantap semangka setelah olahraga atau beraktifitas berat di luar ruangan ternyata bisa mencegah dehidrasi ringan.  Sebagai terapi ringan bagi penderita diare untuk mengembali cairan tubuh yang hilang.  Kandungan air dalam semangka ternyata lebih cepat diserap tubuh, mengandung ion positif mengembalikan cairan yang keluar saat diare, atau berkeringat.

  • Sumber serat alami

Mengandung banyak vitamin C berguna mencegah gangguan mulut seperti sariawan, gusi berdarah dan bengkak. Selain itu juga buah ini banyak mengandung serat alami,  berfungsi mengikat lemak, membantu organ pencernaan, dapat mencegah sembelit.

Demikianlah sedikit uraian tentang manfaat semangka. Semoga dapat menambah wawasan dan kesadaran untuk menjaga kesehatan Anda.