Categories
Tips Sehat

Agar Tubuh Tetap Fit Saat Kerja Malam

Ada beberapa kiat agar tubuh tetap fit saat kerja malam. Bagi pekerja kantoran, petugas medis atau pabrik harus bekerja di malam hari merupakan kewajiban yang tidak bisa dihindari.   Ketika mendapat giliran kerja sift malam, mereka harus terjaga sepanjang malam hingga pagi untuk mengerjakan aplikasi yang telah diberikan oleh perusahaan.

Namun melakukan aktivitas di malam hari tantangannya sangatlah berat, berbeda dengan bekerja di siang hari.  Tak hanya rasa kantuk saja yang menyerang, rasa cepat penat, dan letih kerap menganggu konsentrasi kita. Kondisi ini terjadi apa bila kita kurang persiapan sebelum berangkat kerja.

Sebaliknya jika Anda sebelum melakukan persiapkan dengan mengatur pola tidur dan mengonsumsi makanan penuh nutrisi sebelum berangkat ke tempat kerja. Dipastikan tetap fit saat bekerja di malam hari.

Agar Tubuh Tetap Fit Saat Kerja Malam

Di bawah ini merupakan penjelasan dari kiat –kiat yang bisa Anda lakukan ketika hendak mengambil sift kerja malam.

  • Atur jadwal makan

Sebelum berangkat kerja sebaiknya makan dulu dengan asupan gizi yang seimbang. Maksudnya dalam satu porsi makanan harus ada protein, vitamin, kalsium, karbohidrat dan mineral. Disarankan jangan memakan makanan instant seperti mie, burger dan sebagainya. Karena makanan jenis tersebut lebih tidak menimbulkan rasa kenyang.

  • Atur ritme tidur Anda

Atur juga pola tidur Anda, yang tadinya tidur di malam hari, diganti pada siang hari.  Agar saat kerja tidak cepat mengantuk. Selain itu hindari aktivitas yang menguras tenaga di siang hari, dengan kata lain Anda disarankan untuk menghemat tenaga.  Karena energy dan pikiran bakal banyak dipakai saat malam.

  • Jangan terlalu banyak konsumsi karbohidrat

Ketika makan malam  sebaiknya jangan terlalu banyak porsi karbohidratnya. Kurangi setengahnya, dan perbanyak protein hewani dan sayuran. Maksudnya jika terlalu banyak mengonsumsi nasi efeknya akan cepat ngantuk. Perbanyak mengonsumsi  buah –buahan yang banyak mengandung vitamin C.  Selain itu juga vitamin C bermanfaat membangun imunitas.

  • Hindari minuman energy

Saat kerja malam sebaiknya jangan minum minuman energy  untuk memasok energi. Efeknya tidak baik bagi kesehatan, justru malah jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan merusak fungsi ginjal dan hati.

Sekian dulu ulasan sederhana tentang tips ringkas Agar Tubuh Tetap Fit Saat Kerja Malam, semoga bermanfaat.