Categories
Tips Sehat

Agar Tidak Cepat Lelah Saat Olahraga

Olahraga merupakan tuntutan bagi siapa saja yang ingin hidupnya berkwalitas. Terutama menjaga penampilan dan berat badan tetap ideal. Salah satu solusinya adalah fitness, pergi ke gym center atau berolahraga lain. Namun  terkadang ketika baru saja melalukan latihan ternyata rasa lelah begitu cepat menghampiri, sehingga membuat latihan berhenti sejenak.

Badan cepat lelah sebenarnya indikasi awal bahwa tubuh Anda kekurangan nutrisi, terutama pasokan energy. Hal ini terjadi karena mungkin Anda kurang mengindahkan pola makan sehat. Selain itu bisa jadi karena tubuh kekurang cairan setelah melakukan aktivitas fisik. Agar tidak cepat lelah saat fitness memang perlu sedikit persiapan sebelumnya.

Berolahraga memang perlu, tapi harus disertai dengan persiapan  agar tidak mudah letih karena tenaga cepat terkuras. Maka dari itu sebelumnya kita harus memperhatikan langkah.

Kiat Jitu Agar Tidak Cepat Lelah Saat Olahraga

Inilah kiat –kiat persiapan matang agar fitness Anda menyenangkan dan mendapatkan hasil maksimal.

  • Cukup Makan

Sebelum berangkat olahraga pastikan Anda makan dulu dengan asupan gizi seimbang, seperti nasi sebagai sumber karbohidrat, sayuran hijau dan sumber protein lainnya.

  • Minum Air Putih

Jangan lupa minum air putih yang banyak agar tubuh kecukupan air. Saat olahraga tubuh banyak mengeluarkan keringat, agar tidak cepat lelah sebaiknya minum dulu air putih, sebelum dan saat olahraga agar tidak dehidrasi.

  • Ada jeda untuk rehat

Usahakan saat olahraga  luangkan waktu sebentar untuk istirahat, mengatur nafas dan mengembalikan  denyut jantung menjadi normal.  Istirahat juga berfungsi menghemat tenaga agar tidak cepat capek.

  • Jangan terlalu Memaksakan Diri Menguras Tenaga

Tips selanjutnya jangan terlalu memaksakan diri melakukan olahraga secara keras.  Tenaga manusia itu ada batasnya.  Jika berolahraga terlalu keras dan kelewat sering justru menjadi kontraproduktif terhadap kesahatan Anda.

  • Istirahat cukup

Istirahat cukup  setelah olahraga atau pun beraktivitas berat, berfungsi memulihkan stamina. Selain itu juga  usahakan melakukan pola hidup sehat, dengan patuhi jam tidur harian minimal 8 jam sehari.  Sekian dulu tips ringkas agar tidak cepat lelah ketika olahraga, semoga bermanfaat.